Home  / Pendidikan
Didampingi Orang Tua, Anak 6-11 Tahun di Meranti Mulai Divaksin Covid-19
Sabtu, 08 Januari 2022 21:09
SELATPANJANG - Polres Kepulauan Meranti menggelar vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di SD Negeri 2 Selatpanjang, Sabtu (8/1/2022).
 
Vaksinasi massal ini disambut antusias orang tua dengan turut mengantarkan anak-anaknya. Setidaknya 180 siswa di sekolah tersebut telah disuntik dosis pertama.
 
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH mengatakan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dilakukan guna menunjang kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.
 
"Ini merupakan bentuk dukungan Polres Kepulauan Meranti guna mempercepat vaksinasi bagi anak. Terlebih untuk membentuk herd immunity di lingkungan sekolah," kata Andi Yul. 
 
Adapun jenis vaksin yang diberikan di lokasi ini adalah vaksin CoronaVac. Sementara vaksinator yang dilibatkan yakni tim dari Gerai Presisi Polres. 
 
"Dengan vaksinasi, semoga anak-anak kita dapat terhindar dari bahaya virus Covid-19 yang saat ini masih mewabah," ungkapnya.
 
Andi Yul meminta orang tua agar mendukung vaksinasi Covid-19 bagi anak yang telah diprogramkan pemerintah. Menurut dia, para orang tua haruslah menjaga kesehatan keluarga dan anak-anaknya dengan mengikuti prosedur vaksinasi yang tepat dan sesuai aturan.
 
"Vaksinasi menjadi penting, karena meningkatkan imun atau kekebalan tubuh atas Covid-19," jelas Andi Yul. 
 
Apalagi, lanjutnya, tingkat penularan kasus Covid-19 sangat berpengaruh terhadap prosedur pembelajaran tatap muka. "Jika anak sudah divaksin, sekolah dan orang tua juga akan merasa aman ketika anak melaksanakan pembelajaran tatap muka," ujarnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri menjelaskan, Meranti sudah bisa menggelar vaksinasi bagi anak-anak karena capaian vaksinasi masyarakat umum telah lebih 70 persen dan lansia 60 persen.
 
"Ini mengacu kepada surat edaran Kementerian Kesehatan RI terkait pemberian vaksinasi anak," kata Fahri.
 
Dia mengatakan, vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisir penularan di sekolah/satuan pendidikan, dan mempercepat tercapainya herd immunity.
 
Orang tua juga diminta tak ragu anaknya divaksin Covid-19, karena sebelum anak disuntik terlebih dahulu dilakukan proses skrining kesehatan.
 
"Kami harapkan para orang tua/wali murid bagi anak-anak usia 6-11 tahun mendukung anak-anaknya untuk ikut vaksinasi Covid-19. Datanglah ke lokasi vaksinasi dengan membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak," ucap Fahri.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Selatpanjang, H Alkhairiah S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Polres Kepulauan Meranti serta tim medis yang telah mengadakan vaksinasi massal ini.
 
Alkhairiah berharap, dengan vaksinasi imunitas anak akan semakin meningkat dan semakin tangguh menghadapi pandemi Covid-19. 
 
"Mudah-mudahan dengan vaksinasi daya tahan tubuh meningkat dan anak-anak bisa belajar tatap muka seperti biasanya," ujarnya. **

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!