Home  / Pendidikan
MTs Miftahul Huda Gelar Wisuda Tahfidz Qur'an
Kamis, 31 Maret 2022 14:58
BENGKALIS - Mts Miftahul Huda Tasik Serai - Bagan Benio, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau mewisuda siswanya yang mengikuti program menghafal Quran atau tahfidz.
 
Kegiatan ini pertama kali dilakukan sejak kedatangan Ustadz Abdul Somad k MTs Miftahul Huda Tasik Serai - Bagan Benio pada bulan September 2021 yang lalu. 
 
Kepala MTs Miftahul Huda, Rosiman,S.P, menyebut, sejak mendapatkan support dua pengajar yang ditunjuk langsung oleh Ustadz Abdul Somad dari Yayasan tabung wakaf umat dan lembaga zakat lainnya pendidikan kelas tahfidz Quran terus berjalan dengan kondisi seadanya.
 
"Dari 26 peserta kelas tahfidz Quran baik itu di Tasik Serai maupun dari Bagan Benio yang mengikuti ujian tasmi Quran di Bulan Februari hingga pertengahan Maret Tahun 2022 maka ditetapkan 12 orang dinyatakan lulus 1 juz hafalan Quran. Dan Alhamdulillah, Selasa 29 Maret 2002 kemarin, mereka telah diwisuda dan menerima sertifikat hafal 1 juz," kata Rosiman, Rabu 30 Maret 2022.
 
Ditambahkan Rosiman, bersamaan dengan dukungan tersebut, Mts Miftahul Huda Tasik serai juga membuka kelas tahfidz Quran dimulai pada bulan November 2021. 
 
"Sejak itulah satu lembaga dengan dua tempat yang berbeda ini melakukan program tahfidz Quran yang mengkhususkan anak-anak menghafal Alquran pagi mereka menghafal Alquran sore mereka belajar umum. Tempat belajarnya pun mereka apa adanya mereka memanfaatkan masjid rumah suluk dan menumpang di bangunan sekolah dasar. Sebab bangunan gedung madrasah masih dalam proses pembangunan, bangunan ini juga merupakan support dari Yayasan tabung wakaf umat," terangnya.
 
Selama lima bulan, para siswa menghafal Alquran dengan kondisi yang tidak steril dan juga apa adanya. 
 
"Namun semangat mereka untuk menghafal luar biasa dan juga keinginan mereka untuk menjadi Hafidz Quran ini sangat tinggi tentunya mereka sangat potensi untuk menghafal Alquran," bangga Rosiman.
 
Diakuinya, membutuhkan perjuangan sangat panjang untuk menjadi seorang Hafidz Quran dan perjuangan untuk menghafal Alquran dengan kondisi sekolah sehari-hari pulang-pergi dan mampu menempatkan diri menyesuaikan waktu dan meniatkan hati untuk menghafal Alquran. 
 
"Alhamdulillah, Ini merupakan sejarah bagi MTs Miftahul Huda sejarah bagi desa Tasik serai dan sejarah bagi Kecamatan Talang muandau. Sebab kegiatan yang sama sampai dengan hari ini belum pernah dilakukan di satuan pendidikan madrasah yang biasanya kegiatan ini dilakukan di pondok pondok pesantren," ujarnya. 
 
Dalam kegiatan ini juga, Apresiasi banyak disampaikan oleh tokoh-tokoh nasional maupun daerah yang pertama disampaikan langsung oleh Tuan Guru Prof.H.  Ustadz Abdul Somad Lc.D.E.S.A., P.hD.
 
"Beliau (Ustadz Somad) mengirimkan sepotong video dan mengucapkan tahniah kepada seluruh hafiz Quran yang diwisuda. Semoga hafalannya baik dan bertambah terus dan pesan Tuan Guru adalah ketika nanti puasa jam 6 sore Mereka mengaji dan bermurojaah di surau atau di masjid sampai menjelang berbuka dan hal itu bisa mengingat hafalan dan beliau juga mendoakan agar berkah selalu sehat dan saling mendoakan kepada kita  semua," katanya menceritakan ucapan selamat dari Abdul Somad
 
Kemudian apresiasi selanjutnya datang dari anggota DPRD Kabupaten Bengkalis komisi empat bidang pendidikan yaitu Erwan, S.Sos. 
 
Dia tunjukkan dengan cara hadir di awal acara sampai dengan acara selesai dan dalam sambutannya sangat antusias dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.
 
"Semoga nantinya akan lahir para para penghafal Alquran dan juga menjadi motivasi bagi seluruh anak-anak yang ada di wilayah Tasik serai dan insya Allah nantinya juga kan kita dirikan sebuah pondok khusus tahfidz Quran dan ini menjadi cikal bakal dari lahirnya para penghafal Quran di wilayah kita," kata Erwan, S.Sos. dalam sambutnya.
 
 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!