Home  / Berita
Banjir di Bagansiapiapi Akibat Drainase Tak Berfungsi Baik
Kamis, 24 Desember 2020 14:48
Istimewa
Banjir yang menggenangi wilayah Jl. Mukhtar Ma'aruf, Kel. Bagan Timur, Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - Saat ini banjir masih menggenangi beberapa wilayah di Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bagansiapiapi. Hal ini terjadi akibat curah hujan tinggi pada beberapa waktu belakangan ini. 

Selain itu, banjir yang terjadi di Kota Bagansiapiapi juga diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti yang dijelaskan oleh Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Rohil, Juwarto, ST., M.Si.

Menurutnya, lapak pedagang yang berada di atas drainase di seputaran wilayah Bagansiapiapi, kemungkinan besar dapat mengakibatkan terjadi penyumbatan aliran air sehingga terjadi genangan air yang tidak bisa dihindarkan. 

"Diminta kesadaran para pengusaha ataupun masyarakat agar tidak membangun lapak di atas drainase, sehingga persoalan banjir ini dapat diminimalisir," terang Juwarto kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Lanjut dia, anggaran untuk mengatasi persoalan tersebut diatas juga terbatas akibat adanya pemangkasan anggaran untuk penanganan Covid-19, sehingga membuat keadaan drainase semakin parah, bahkan nyaris tidak berfungsi. 

"Hal ini sebelumnya sudah sering kami bahas, namun sampai saat ini belum ada solusi, di mana anggaran yang dibutuhkan mencapai angka Rp 5 Miliar khusus untuk persoalan drainase di Bagansiapiapi ini," terangnya. 

Namun demikian, masyarakat Bagansiapiapi berharap persoalan banjir yang terjadi sampai detik ini dapat segera ditangani agar tidak sampai berlarut lama. (rif)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!