Home  / Berita
Pemkab Bersama Polres Kepulauan Meranti Gelar Deklarasi Pilkades Serentak
Jumat, 05 November 2021 13:54
SELATPANJANG - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti yang dilaksanakan pada 11 tahun 2021 mendatang, Pemerintah daerah dan Polres menggelar deklarasi damai di halaman Mapolres setempat, Jum'at (5/11/2021) pagi.
 
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil mengatakan, kegiatan yang diinisiasi oleh Kapolres, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH ini merupakan langkah strategis untuk mendukung Pilkades serentak yang sejuk, aman dan damai.
 
Menurut Adil, deklarasi damai ini sebagai wujud nyata bentuk perhatian Kapolres terhadap Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menciptakan kondisi yang kondusif.
 
"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada panitia kepala desa tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti dan semua pihak yang ikut serta membantu terselenggaranya acara ini. Kami berharap penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2021 ini dapat berjalan lancar, aman, damai, kondusif dan demokratis," kata Adil.
 
Bupati juga berpesan kepada seluruh calon kepala desa agar berkomitmen untuk siap kalah dan siap untuk menerima kalah. Jadi para calon kepala desa juga dituntut selama pelaksanaan Pilkades untuk menjaga suasana menjadi aman.
 
“Kita harus siap dipilih dan siap untuk tidak dipilih. Kita semuanya bersaudara. Apalagi di desa itu tentunya merupakan satu keluarga, satu rumpun dan ada juga yang satu suku. Untuk itu, mari kita sama-sama menjaga suasana kondusif antar sesama calon dan pendukung,” ujar Adil.
 
"Kepada siapapun calon kepala desa yang terpilih nantinya kami berpesan semoga amanah dalam menjalankan tugasnya serta saling menghargai satu dengan yang lain. Jadilah teladan di desanya. Bangun desa menjadi desa yang sejahtera mandiri. Kepada yang kalah jangan berkecil hati dan tetap semangat, jangan sampai mengumpulkan massa untuk membuat keributan dan kepada yang menang agar merangkul mereka yang kalah untuk nantinya dapat berkerjasama dalam pelaksanaan pelayanan pemerintah di desa masing-masing," ujarnya lagi.
 
Ada sebanyak 29 desa yang akan menggelar Pilkades serentak yang akan digelar seminggu mendatang dan diikuti 106 calon kepala desa.
 
Bupati juga mengimbau kepada seluruh calon untuk bersaing secara sehat untuk mewujudkan pemilihan yang damai jujur, bebas dan adil.
 
"Kami mengimbau kepada seluruh calon kepala desa agar bersaing secara sehat untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia. Harapan kami setiap calon kepala desa agar mampu menjaga keamanan dan ketertiban di desa masing-masing," harap Adil.
 
Mantan legislator DPRD Riau juga berharap kepada panitia penyelenggara untuk mengedepankan etika moralitas
dan mengantisipasi semua hal yang berpotensi menimbulkan kekacauan.
 
"Kepada panitia penyelenggara Pilkades dan masyarakat untuk mengedepankan etika moralitas selama Pilkades Serentak. Kepada panitia penyelenggara kami meminta untuk mengantisipasi semua hal yang berpotensi menimbulkan kekacauan, diantaranya penetapan jumlah TPS harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Tetapkan jumlah pemilih dengan baik sesuai dengan Perbub agar tidak menimbulkan kerawanan sosial, dan tetap mengedepankan netralitas," harapnya lagi.
 
Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH berharap, bagi calon kepala desa, panitia Pilkades maupun seluruh stakeholder yang terlibat, agar bisa bersama-sama melaksanakan Pilkades serentak tahun 2021 ini dengan damai dan tertib.
 
“Para calon kepala desa merupakan calon-calon perwakilan masyarakat untuk pembangunan di desa, sehingga Pilkades serentak ini menjadi suatu momentum terlaksananya peningkatan kemajuan pembangunan di desa,” ungkapnya.
 
Melalui deklarasi pilkades damai ini, Kapolres juga mengimbau kepada para calon kepala desa, panitia dan masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Pilkades serentak tahun 2021 ini dengan sejuk, aman dan damai. Semoga dengan adanya deklarasi ini, dapat meminimalisir terjadinya situasi yang tidak kondusif.
 
“Pilkades serentak ini harus sukses, harus terlaksana dengan damai, aman dan sejuk,” ucapnya.
 
Pada deklarasi ini selain membacakan ikrar bersama juga diisi dengan tanda tangan kesepakatan damai dari seluruh pihak. Mulai dari Bupati, Kapolres dan jajaran Forkompinda di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Selain Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil dan Kapolres AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH, kegiatan ini dihadiri ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah MSi
Wakapolres, Kompol Robert Arizal S.Sos, Perwakilan Danramil 02 Tebingtinggi, Peltu Lakatang, Perwakilan Danposal Selatpanjang,  Serka M Roni, Plt Kepala Dinas Pemerintah Desa, Jhon Hendri SSTP MM, Plt Kepala Satpol-PP Kepulauan Meranti, Masdiana dan unsur Forkompinda lainnya. ***

Akses berita terbaru versi mobile di: m.siakone.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!